home-lpipkursusbali

Latihan Soal Kelas 1 SD – Bagian 2

 

KELAS 1 LATIHAN SOAL-SOAL BAHASA INDONESIA

ULANGAN HARIAN 1

 

Bacalah bacaan di bawah ini!

                   

            Kehujanan

Langit mendung.

Hujan akan turun.

Wandi segera keluar dari kelas.

Yudi menyusulnya.

Wandi dan Yudi pulang bersama.

Mereka berjalan cepat.

Mereka takut kehujanan.

Ternyata hujan turun.

 

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang tepat!

1. langit mendung tanda turun …………

a. angin

b. hujan

c. berkabut

2. Keadaan langit …………………

a. cerah

b. suram

c. hitam

3. Bagus dan Intan berjalan cepat agar tidak ………..

a. terlambat

b. kehujanan

c. kepanasan

4. Mencangkul-paman-di-kebun

Kalimat yang sesuai adalah …………

a. Paman mencangkul di kebun

b. mencangkul di paman di kebun

c. kebun mencangkul di paman

5. Ani menyapu ……………

a. halaman

b. kebun

c. sawah

 

   II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1. Yogi rajin belajar.

Yogi menjadi …………………………………………………………………………

2. Sinta sakit.

Agar cepat sembuh Sinta minum ………………………………………………

3. Dokter ………………………………………………………………………. pasien.

4. Musim kemarau tidak pernah turun ………………………………………….

5. Ibu memasak di ……………………………………………………………………

 

II.              Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian singkat!

1. Buatlah kalimat dengan kata !

Ani sakit.

Belajar

2. Deskripsikan keadaan di sekolahmu  !

3. Mita : Siapa namamu ?

Rini : Nama saya ….

Lanjutkan percakapan di atas !

4. Dani memakai payung.

Salinlah dengan huruf tegak bersambung kalimat di atas !

 

ULANGAN SEMESTER 1

 

Ayo Membaca

 

Membaca itu penting

Membaca menambah pengetahuan

Membaca membuat kita cerdas.

Mengetahui apa yang terjadi.

Ayo membaca.

Membaca apa saja.

 

I.  Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang tepat!

1. Judul bacaan di atas …………………………………………………………………………………………

a. Ayo membaca

b. Pengetahuan

c. Serangga

2.  Membaca dapat menambah………………………………………………………………………… ….

a. Pengetahuan

b. Pengalaman

c. Wawasan

3. Membaca dapat membuat ………………………………………………………………………………..

a. Terampil

b. Malas

c. Cerdas

4. Kupu kupu …………………………………………………………………………………………. Madu.

a. Meminum

b. Mengisap

c. Makan

5. Kalimat yang sesuai gambar di samping ialah ……………………………………………………….

a. Tina menggosok lantai

b. Tina menyapu lantai

c.Tina mengepel lantai

6. Sari …………………………………………………………………………………..…. Halaman rumah.

a. Menyikat

b. Mengepel

c. Menyapu

7. Kakak mencuci pakaian dengan ………………………………………………………………………

a. Mesin cuci

b. Rinso

c. Kulkas

8. Lingkungan yang …………………………………………………..…. Menjadi sarang penyakit.

a. Bersih

b. Kumuh

c. Rapi

9. Riska bersih ruang kelas

Kata yang dicetak miring seharusnya ditulis………………………………………………..….

a. Kebersihan

b. Dibersihkan

c. Membersihkan

10. Bola berbentuk ……………………………………………………………………………………..

a. bulat

b. lingkaran

c. segitiga

II  Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang bener!

1. Paman membersihkan selokan.

Kata dasar membersihkan adalah …………………………………………………………..…

2. Rino dan Doni (cuci) tenda.

Kata di adalam kurung seharusnya ditulis ………………………………………………….

3. Ayah memotong rumput dengan ……………………………………………………………..

4. Air sebelum diminum harus ……………………………………………………………………

5. Lusi mengepel lantai ……………………………………………………………..…. kain pel.

6. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah …………………………….

 

II.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian singkat!

1. Aku adalah alat elektronik.

Aku digunakan untuk mencuci pakaian.

Sumber energiku dari listrik.

Siapakah aku ?

2.  Sebutkan nama buah buahan yang kamu ketahui ?

3. Sebutkan alat-alat sekolah ?

4. Salinlah dengan huruf tegak bersambung!

Saya anak rajin belajar.

    Mencuci tangan sebelum makan sendiri.

    Menyapu lantai.

     Membantu ibu.

Salinlah puisi di atas dengan huruf tegak bersambung!

 

ULANGAN SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA

 

Bacalah dengan saksama!

Membantu Ibu

 

Amin rajin membantu ibu .

Mina juga rajin membantu ibu.

Mereka membersihkan rumah.

Mereka menyapu lantai.

Lantai menjadi bersih .

Tempat tidur mereka rapikan.

Meja dan kursi mereka atur rapi

Rumah mereka rapi dan indah .

Mereka senang dan bahagia .

Ayah dan ibu juga senang .

 

I. Berilah tanda silang (x) pada  Huruf a, b, atau c di depan jawaban yang tepat!

1. Amin rajin membantu ……………………………………………………………………………………….

a. ibu

b. ayah

c. Kakak

2. Amin dan Mina membersihkan ………………………………………………………………………….

a. Halaman

b. Rumah

c. Minggu

3. Amin dan Mina menyapu …………………………………………………………………………….…

a. Serambi

b. Lantai

c. Halaman

4. Kalimat yang benar selain bola   adalah …………………………………………………………….

a. Ali bermain voli

b. Ali bermain catur

c. Ali bermain bola

5. Ani gemar membaca ……………………………………………………………………………………..

a. Buku cerita

b. Majalah

c. Buku

6. Tina …………………………………………………………………………………….…. Bunga melati.

a. Memotong

b. Memetik

c. Memupuk

7. Rudi bermain layang-layang di ………………………………………………………………………

a. Halaman

b. Jalan

c. Tanah lapang

8. Bima : Ton, mau ke mana?

Tono : Mau bermain.

Bima : Bermain apa?

Tono : ….

Lanjutkan percakapan di atas ialah …………………………………………………………………..

a. Bermain catur

b. Bermain congklak

c. Bermain kelereng

9. Aku termasuk alat musik.

Aku dimainkan dengan digesek.

Aku adalah ……………………………………………………………………………………………..

a. Piano

b. Rebab

c. Gitar

10. Di sebuah hutan.

Hiduplah seorang ibu miskin.

Ia tinggal bersama kedua anaknya.

Setiap hari ia mencari buah-buahan di hutan.

Tokkoh dari penggalan cerita di atas hidupnya ……………………………………………….

a. Miskin

b.Kaya

c. Sederhana

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

  1. Muna …………………………………………………………………….…. Ikan di sungai.
  2. Sonia ……………………………………………………………………………….. majalah.
  3. Paman bermain ………………………………………………………………………………
  4. Penonton bertepuk………………………………………………………………………….
  5. Sari ………………………………………………………………………. di ruang belajar.

 

III.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian singkat!

  1. Deskripsikan gambar orang menari di samping !
  2.             Melatiku

Warna putih

Bungamu kecil

Namun harummu semerbak mewangi

Banyak kumbang menghampiri

Salinlah puisi di atas dengan huruf tegak bersambung!

  1. Jelaskan isi gambar di samping!
  2. Dani meniup seruling.

Salinlah dengan huruf tegak bersambung!

  1. Bermain – Dika – umpet – petak

Susunlah pias-pias kalimat di atas agar menjadi kalimat yang baik!

 

 

 

ULANGAN  SEMESTER 1

 

Bacalah bacaan di bawah ini!

                        Menjenguk Teman

Wulan tidak masuk sekolah.

Badannya panas dan lemas.

Ia berbaring terus.

Ibu membawanya ke puskesmas.

Dokter memeriksa Wulan.

Wulan sakit demam.

Dokter memberinya obat.

Obat diminum tiga kali sehari.

Wulan harus istirahat.

Ia belum boleh masuk sekolah.

Eti dan Edi datang menjenguk.

Mereka membawa buah.

Kami doakan semoga kamu lekas sembuh.

Terima kasih kata Wulan.

Saya merasa senang.

Saya ingin masuk sekolah lagi.

Dikutip dari: Bina Bahasa dan

                                                            Sastra Indonesia 1

 I.  Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang tepat!

1. Wulan tidak masuk sekolah karena …………………………………………………………………….…

a. Malas

b. Sakit

c. Izin

2. Bagaimana keadaan badan Wulan ?

a. Panas

b. Lemas

c. Panas dan lemas

3. Apa yang dilakukan Wulan ketika badannya panas dan lemas ?

a. Berbaring

b. Minum obat

c. Mengompos

4. Wulan ……………………………………………………………… obat.

a. Menelan

b. Makan

c. Minum

5. Eti dan Edi menjenguk Wulan.

kata yang dicetak miring sama artinmya dengan ……………

a. Menengok

b. Melihat

c. Menonton

6.  Pergi-paman-ladang-ke

Susunlah kata-kata yang runtut adalah ………………………

a. Keladang paman pergi

b. Ke paman ladang pergi

c. Paman pergi ke ladang

7. Pasien diperiksa ……………………………………………………

a. Dokter

b. Perawat

c. Apoteker

8. Kakak ( cuci ) pakaian.

Kata dalam  kurung seharusnya ditulis…………………….

a. Dicuci

b. Mencuci

c. Cucian

9. Rudi giat berolahlaga agar badan ……………………………

a. Layu

b. Sehat

c. Subur

10. Kalimat di bawah ini yang menunjukkan rasa  suka adalah….

a. Suporter pulang dengan sedih.

b. Ardi makan sate.

c. Bakso makan kesukaanku.

 

II.  Susunlah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !

    1. Pasien  di periksa……………………………………………………………….
    2. Membeli obat dengan resep dokter di……………………………………
    3. Sehabis makan kita harus …. …………………………………………Gigi.
    4. Ibu pekerjaannya merawat pasien. Ibu bekerja sebagai……………
    5. Mirna sakit. Mirna minum ……………………… Agar cepat sembuh.

 

 

  1. Jawaban pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian singkat !
    1. Deskripsikan sesuai gambar di samping !
    2. Ungkapkan perasaan suka atau tidak suka sesuai gambar disamping !
    3. Setiap pagi ayam jantan berkokok .

Kelinci marah mendengar kokok itu.

Kokok ayam jantan membangunkan anak kelinci.

Kelinci dan ayam jantan bertengkar.

Angsa melerai ayam jantan dan kelinci.

Kata angsa kepada kelinci.

Ayam jantan berkokok setiap hari.

Ayam jantan membangunkan warga hutan.

Jelaskan isi dongeng di atas !

  1. Bersih itu sehat.

Tulislah kalimat sederhana diatas dengan huruf tegak bersambung !

  1. Muna sakit perut.

Salinlah dengan huruf tegak bersambung !

 

 

 

 

ULANGAN HARIAN 5

 

Bacalah dengan saksama!

Main Bekel

 

Sekarang hari minggu.

Ida dan Fani tidak sekolah.

Mereka main bekel.

Asyik benar mainnya.

Amboi Ida pintar sekali.

Dari tadi belum ganti.

Ganti Fani ya, kak.

Tidak boleh.

Sebab Ida belum kalah.

Ida biarkan adikmu main.

Kata Bu Sulaiman.

Ida harus sayang adik.

 

Dikutip dari : Bina bahasa

Dan sastra

Indonesia 1.

 

I     Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang tepat !

1.   Mengapa Ida dan Fani tidak sekolah ?

a. malas

b. hari minggu

c. sakit

2.   Permainan apa yang  mereka lakukan ?

a. congklak

b. kasti

c. bekel

3.   Siapa yang pintar main bekel ?

a. Ida

b. Fani

c. mereka

4.   Wulan …. Hewan.

a. menggambar

b. menulis

c. menyontek

5.   Hesti gemar menari.

Kata yang di cetak miring sama artinya dengan….

a. senang

b. Hobi

c. Cinta

6.  Andi rajin berolahraga.

Lawan kata rajin adalah ….

a. Malas

b. Gemar

c. Giat

7. Toni bermain ….

a. Karambol

b. Catur

c. Halma

8. Bentukku bulat bulat

Aku sebesar kepala.

Aku berisi udara.

Aku dimainkan di tanah lapang.

Aku sering di mainkan anak laki-laki

Aku adalah ….

a. Bola tangan

b. Bola kaki

c. Bola basket

9. Bambang Pamungkas pemain bola.

Bambang Pamungkas sebagai ….

a. Penonton

b. Wasit

c. Atlet

10. Nelayan menjala ….di laut.

a. Kura-kura

b. Kepiting

c. Ikan

 

II.                Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !

1. Bima dan Bakri berenang ………………………………..…. Kolam renang.

Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah……….

2. Paman mengail ikan di sungai.

Pelaku kalimat diatas adalah………………………………………………………

3. Sita dan Mira ……………………………. Majalah anak di perpustakaan.

4. Aku adalah alat olahraga.

Aku terbuat dari kayu.

Aku digunakan untuk bermain kasti.

Aku adalah…………………………………………………………………………

5. Badi dan Nanda ………………………………….…. Bola di tanah lapang.

 

  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian singkat!
    1. Buatlah kalimat sesuai gambar di samping !
    2. Susi menanam bunga mawar.

Salinlah dengan huruf tegak bersambung !

  1. Aku adalah jenis permainan.

Bola yang gunakan.

Mainan aku digemari anak laki-laki.

Apakah nama jenis mainanku ?

  1. Buatlah percakapan tentang “ permainan “!
  2. Buatlah sebuah kalimat dengan kata “ bermain “ !

 

ULANGAN SEMESTER 1

 

     Membantu Teman

Saat istirahat tiba .

Para siswa pergi ke kantin .

Padli hanya membeli segelas es .

Sebagaian uang sakunya ditabung .

Fadel menghampiri Fadli .

Fadel membawa banyak makanan .

Fadel menganggap Fadli anak pelit.

Karena Fadli hanya membeli es .

Fadel ingin membayar makanan .

Tapi saku bajunya robek .

Semua uangnya hilang .

Fadel menangis kebingungan .

Fadli membayar makanan Fadel .

Fadel mengucapkan terima kasih .

Dan meminta maaf pada Fadli.

Fadli tersenyum memaafkan Fadel.

 

  I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang tepat!

1. Kapan para siswa ke kantin ?

a.istirahat

b.pulang

c.setelah bel berbunyi

2.   Kemana para murid waktu istirahat pergi ?

a. perpustakaan

b.kantin

c.ruang UKS

3.   Apa yang dibeli Fadli ?

a. air putih

b. kopi

c . es

4.   Mengapa Fadli dikatakan pelit ?

a.Karena Fadli tidak pernah membeli makanan

b.Karena Fadli hanya membeli segelas es

c.Karena Fadli membawa makanan dari rumah

5.   Ani menanam ….

a. bunga

b. rumput

c. tanaman

6.   Ani …. Ibu di dapur.

a. membantu

b. menggoda

c. mengganggu

7.   menanam – Rina – melati – bunga

Susunlah kata-kata yang benar adalah ….

  1. Rina bunga melati menanam
  2. Bunga melati menanam Rina
  3. Rina menanam bunga melati
  4. Susi … majalah anak.
    1. Membaca
    2. Menulis
    3. Membeli
                 

Comments are closed.

Selamat Datang di Website
Lembaga Pusat Ilmu & Pengetahuan (LPIP).
Lembaga Bimbingan Belajar,
Lembaga Kursus Kilat Bahasa Asing,
Lembaga Kursus Kilat Ketrampilan,
Lembaga Kursus Kilat Tenaga Kerja,
BERKUALITAS TINGGI !
Bank soal selengkapnya KLIK DISINI

Testimonials

Saya sekarang mahir mic.office dan potoshop berkat LPIP. Kerjaan lancar, naik pangkat! Trims banget..! — Ardian Made

Ngajarin nya enak, banyak rumus baru yg bikin langsung ngerti...Nilai matematika saya naik di raport semester kemarin. TOP deh — Azzahra Safira

Gurunya ramah, lucu, tapi pinter...Belajar jadi gak boring. Cepet masuk juga ke otak...Udah 3 tahun saya suka belajar sama LPIP — Aditama Putra